iklan

Koperasi Susu Untuk Peternak Sapi Perah

Koperasi susu untuk sapi perah sudah berjalan dengan baik di beberapa wilayah di Indonesia, seperti pasuruan tepatnya di kec grati, dan di daerah malang sekitarnya. Masih sangat sedikit daerah di Indonesia.


Kehadiran pabrik pengolahan susu seperti Perusahaan Nestle dan Ultrajaya adalah salah satu penunjang agar koperasi susu dapat berjalan. Karena sebenarnya yang menampung susu segar dari masyarakat adalah pabrik susu dari perusahaan tersebut. Tetapi perusahaan belum mampu menerima dari peternak kecil secara langsung karena kurang efisien dengan waktu, itulah kenapa perusahaan bekerjasama dengan koperasi susu yang nantinya akan menampung susu dari peternak kecil atau masyarakat.

Sistemnya sangat sederhana memang, akan tetapi sangat membantu untuk masyarakat. Sehingga bagi peternak di luar jawa kadang merasa iri dengan keadaan tersebut.

Keuntungan bergabung dengan koperasi susu :

  •          Peternak tidak perlu khawatir tidak bisa menjual susu sapi mereka
  •          Jumlah sedikit atau banyak jika sudah menjadi anggota koperasi tetap di terima
  •          Masih menerima pembagian hasil keuntungan koperasi setiap tahun

 Sementara ada beberapa kelemahan juga :

  •          Harga sudah ditentukan oleh koperasi,
  • \   Pembayaran hasil setiap bulan
  •          Kualitas susu harus sesuai standart , sehingga kadang ada susu dari peternak yang tidak diterima oleh koperasi.

Itulah keunggulan dan kelemahan system koperasi susu yang sudah berjalan di Indonesia.

Nah, Kabar baiknya bagi sahabat peternak yang ada di sumatera utara, dalam waktu beberapa tahun kedepan, akan berdiri juga pabrik susu yang lokasinya masih jadi pertimbangan di kota Medan atau Berastagi. Pabrik yang akan di bangun ini adalah milik PT Ultra Sumatera Dairy  Farm (USDF).

Nantinya jika ini sudah terealisasi, maka secara otomatis pasti aka nada juga nantinya koperasi yang berdiri untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat. Sehingga sahabat juga bisa menikmati beternak sapi perah dalam jumlah yang sedikit maupun banyak.

Bagi sahabat yang mau menanti info terbaru boleh selalu cek update website diatei.com, atau FB SAPI KEREN.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat peternak. Salam satu hobby

 

 

 

 

 


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Koperasi Susu Untuk Peternak Sapi Perah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel