iklan

Efisiensi pakan Dengan Baby Chick Feeder

Efisiensi pakan Dengan Baby Chick Feeder
Efisiensi Pakan dengan Baby Chick Feeder, pastinya akan mempengaruhi performen ayam juga dimana akan menekan FCR . Produk ini sangat sangat membantu memudahkan pekerjaan juga untuk anak kandang, karen pengerjaannya yang begitu mudah.

Baby chick ini sebenarnya sudah lama beredar di pasaran dan sudah banyak juga yang menggunakan, tetapi masih banyak juga yang masih menggunakan chick feeder tray atau sering disebut dengan baki. Alasan peternak tidak mau berganti ke baby chick merasa rugi karena masih memiliki tempat pakan baki. 

Efisiensi pakan Dengan Baby Chick Feeder

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan dari segimana sih Efisiensinya jika menggunakan baby Chick Feeder ini. Sebenarnya tanpa disadari oleh peternak jika menggunakan baki pakan sangat banyak terbuang, Hal ini terjadi karena ayam sering tidur di baki sehingga pakan di kotorin. selain pakan yang kotor oleh feses ayam, pakan juga menjadi lembab sehingga harus di buang. 

Contoh sederhana jika pemeliharaan ayam 1000 ekor membutuhkan baki 12-14 unit, biasanyak pemberian pakan sehari bisa sampai 6 kali dalam satu hari. Jika kita asumsikan setiap pemberian pakan terbuang 20 gram saja berarti sekali pemberian akan terbuang 280 gr dari 14 baki. jika dikalikan dengan enam kali pemberian maka akan mencapai 1500 gram per hari. Ini masih di umur 1-2 hari ayam. 

sedangkan jika ayam sudah mulai bertumbuh semakin besar di umur 3 hari saja baki sudah harus di tambah menjadi 20 unit, dan pakan yang terbuang karena kotor dan di ceker oleh ayam sudah di atas 100 gr per sekali pemberian. Jadi berapa pakan yang harus terbuang lagi?? sekali pemberian akan terbuang 2 kg, dalam sehari 4 kali pemberian sehingga sudah terbuang 8 kg untuk satu hari saja. Jadi kalau saya simpulkan pakan yang terbuang di karenakan penggunaan baki ada 1 bag (50kg) pakan / 1000 ekor. 

Sementara jika menggunakan Baby Chick Feeder hal ini sudah pasti tidak terjadi. jadi lebih untung mana?? beli Baby Chick Feeder , memang membutuhkan dana lagi akan tetapi secara tidak sadar kerugian pakan yang terbuang selama 2 periode saja sudah lebih dari cukup untuk membelikan Baby Chick Feeder. 

Jadi sekarang tergantung teman teman semua mau pilih yang mana  peralatan kandangnya,yang jelas semua punya kekurangan dan kelebihan  masing-masing.
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Efisiensi pakan Dengan Baby Chick Feeder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel