iklan

Cara Budidaya Maggot Bsf Untuk pemula || Penghasil Uang dari sampah

sumber: google
Maggot adalah larva dari lalat besar berwarna hitam yang mirip dengan tawon, sering juga di sebut dengan Black soldier Fly. Maggot ini sangat cocok untuk semua jenis pakan ternak karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat lengkap.

Sebelum pembahasan cara cara budidaya Maggot ada baiknya di ketahui terlebih dahulu tentang Bsf dan manggot agar nanti pemahaman sahabat lebih mudah,
  • Siklus Hidup lalat Bsf hanya sekali bertelur kemudian akan mati
  • Satu ekor Bsf dapat menghasilkan sampai 600 butir telur yang akan menetas menjadi manggot
  • Satu Gram telur Bsf dapat menjadi 5-10 manggot segar siap panen
  • Maggot mengkonsumsi limbah organik jadi dalam masa budidaya sahabat tidak merasa jorok atau jijik
  • harga jual maggot segar mencapai Rp. 60.000/ kg
  • harga pre pupa untuk dijadikan bibit Rp. 100.000-150.000/ kg tergantung tempat pembelian
                                                            sumber: peternakankita.com

baik lah dari pada buang buang waktu langsung saja kita lanjut ke pembahasan

Berikut adalah cara Budidaya Maggot Bsf Untuk Pemula

       1. Siapkan kandang BSF 


Kandang Bsf ini terbuat dari jaring halus agar lalat tidak keluar. Masalah ukuran tergantung sahabat mau buat seberapa besar. 

akan tetapi agar pengerjaan didalamnya nyaman buatlah dengan ukuran 3m x 2m dengan tinggi 2 m juga. Sementara atap nya boleh menggunakan seng upayakan satu atau dua keping dari atap gunakan seng transfaran agar sinar matahari masuk. Bsf butuh sinar matahari langsung.

di dalam kandangnya siapkan Ruangan gelap yang ditutupi dengan plastik hitam agar suasana di dalamnya gelap. Selain dari plastik bisa juga menggunakan kain yang berwarna gelap, intinya ruangan yang di ciptakan gelap. ukurannya bisa 70 cm dengan panjang 150 cm dengan tinggi 150 cm. Ruangan gelap ini tadi digunakan untuk menetaskan Pupa (sebutan untuk telur yang sudah tua dan siap menetas)

di dalam kandang ini juga sahabat siapkan sterofoam besar atau ember untuk nanti di isi dengan limbah organik sebagai tempat bertelur lalat.  Diatas sterofoam siapkan jaring tempat meletakkan stik tempat bsf bertelur.

    2. Siapkan Biopond 

Biopond adalah tempat telur akan menetas dan berkembang. Biopond ini bisa terbuat dari papan atau semen dengan ukuran 70 cm lebar dan panjang 150 cm tinggi 25-30 cm. Jika terbuat dari papan untuk menghemat tempat boleh dibuat bertingkat.


Sementara dalam pembuatan biopondnya setelah terbentuk dengan ukuran di atas salah satu sisi panjangnya dibuat Miring, agar maggot dewasa bisa berjalan keluar dari biopond. Sementara dibawah sisi yang miring tadi siapkan paralon berbentuk kotak untuk tempat menampung manggot dewasa tadi yang sudah keluar dari biopond. 

siapkan media dari limbah organik yang sudah mulai busuk, tidak boleh yang masih segar ya sahabat karena pada saat telur menetas manggot kecil belum bisa konsumsi limbah yang masih mentah.

untuk tempat penetasan telur menjadi maggot, butuh tempat yang terbuat dari pipa 3" potong sepanjang 8 cm dan salah satu ujung nya di pasang jaring yang sangat halus dan di tekan ke dalam pipa sehingga membentuk cekung kedalam pipa, fungsinya agar nanti telur tertampung disana. 

    3. Siapkan Media

Media di sini akan di gunakan untuk alas di atas biopond sebagai tempat telur menetas menjadi maggot. media ini juga sebagai pakan maggot nantinya sampai bisa panen. Jadi sebelum sahabat memulai pemeliharaan ada baiknya siapkan dulu medianya dari limbah organik agar sempat membusuk dahulu baru digunakan sebagai pakan maggot.

itulah yang di butuhkan untuk budidaya maggot.

Lalu bagaimana dengan tata cara Budidaya nya?

  • setelah semua tersedia seperti penjelasan di atas langkah pertama yang sahabat lakukan adalah carilah bibit yang sudah prepupa. Bibit ini bisa di dapatkan diseluruh wilayah indonesia. untuk wilayah siantar simalungun boleh menghubungi kami atau langsung ke desa silau malaha juga bisa, disana tersedia bibit maggot.
  • setelah dapat bibitnya tadi, masukkan ke dalam kandang yang sudah disediakan tadi, buat di dalam wadah dan letakkan di dalam ruangan gelap yang ada di kandang tadi.
  • perhatikan dan cek setelah seminggu jika sudah ada lalat yang menetas,
  • selanjutnya siapkan sterofoam tadi yang sudah di isi dengan pakan limbah organik
  • pasang alas dari jaring atau yang lain yang penting ada lobangnya agar aroma dari limbah organik tadi tercium oleh si Bsf dan dia datang untuk makan, letakkan di atas sterofoam tadi.
  • cari stik es krim yang bisa di tumpuk selang seling sehingga memiliki rongga ikat dengan karet tumpukan stik tadi dan letakkan di atas sterofoam tempat pakan tadi
  • setiap hari cek stik tadi jika sudah ada telur bsf nya segera ambil agar tidak sempat menetas di dalam kandang bsf, cara mengambilnya gunakan cutter yang tipis, kikis seraca perlahan dan kumpulkan
  • telur yang di kumpulkan tadi di timbang dan buat 10-12 gram di letakkan di atas tempat penetasan telur tadi yang terbuat dari pipa tersebut, dan letakkan diatas media Biopond.
  • setelah telur menetas menjadi maggot hal yang di kerjakan tinggal memberi makan dengan media yang sudah di siapkan tadi.
  • setelah 3-4 minggu setelah menetas periksa paralon tempat maggot dewasa tadi keluar dari biopond jika sudah ada prepupa nya ambil dan masukkan lagi kedalam kandang Bsf di ruangan gelap tadi untuk dijadikan bsf lagi.
  • sementara maggot yang lain sudah bisa di panen dan di berikan ke ternak sahabat,
Begitulah seterusnya siklus budidaya maggot, semoga sahabat tertarik untuk menjalankannya.

Untuk sahabat yang sedang beternak ayam kampung, babi, ikan nila atau ikan lele, sangat di rekomondasi untuk membudidayakan maggot agar Biaya pakan anda bisa terpotong hingga  40%.

salam satu hobby

untuk pemesanan bibit bisa melalui FB Disini



sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to " Cara Budidaya Maggot Bsf Untuk pemula || Penghasil Uang dari sampah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel