iklan

Rumput murni atau Tambah konsentrat pada pemeliharaan Sapi dan Ruminansia Lainnya?




Ternak ruminansia adalah ternak yang memiliki rumen ganda. Rumen pada ternak ini ada 4 bagian dengan fungsinya masing masing.


Berbeda halnya dengan ternak monogastrik yang hanya memiliki satu lambung sama halnya dengan kita manusia. 

Kebutuhan utama ternak ruminansia adalah rumput dengan kandungan serat kasar yang ada di dalam nya.


Sekarang ini banyak peternak yang menjadikan rumput sebagai pakan tambahan saja, karena peternak tersebut memanfaatkan sistem Connor istilahnya.

Sebenarnya ini tidak menjadi masalah asal kan sumber seratnya tetap terpenuhi. Kadang banyak pertanyaan yang muncul tentang pemeliharaan Ruminansia gunakan konsentrat atau tidak, pada pemeliharaan nya.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas kebutuhan sapi utamanya adalah rumput. Tanpa tambahan pakan apa pun pasti bertambah besar. Hanya saja mungkin lebih lambat dengan ternak yang ditambahkan makanan konsentrat. 

Apa sih fungsi konsentrat??
Sebenarnya simpel saja, konsentrat tidak untuk sapinya. Tetapi untuk bakteri yang ada pada rumen. Artinya konsentrat ini dibutuhkan untuk perkembangan bakteri pengurai di dalam rumen yang nantinya akan mengolah rumput sebagai bahan yang di serap oleh sapi untuk pertumbuhannya.


Oleh karena hal itulah kenapa konsentrat untuk ternak ruminansia tidak membutuhkan protein yang tinggi. Jika tetap diberikan tidak menjadi masalah sebenarnya untuk ternaknya. Tetapi akan masalah bagi kantong peternaknya. Karena pakan dengan kandungan protein tinggi harganya mahal. Sementara hasilnya akan sia sia karena akan bay pass saja nantinya akan terbuang.

Konsentrat untuk sapi dewasa hanya membutuhkan protein Kasar 8-9%. Sehingga harganya sangat murah.

Bisa juga dengan menambahkan limbah dari pertanian yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi seperti limbah kentang, limbah ubi, limbah wortel, limbah sawit dan lain lain sebagai pengganti konsentrat. Yang seperti ini lah yang dilakukan peternak tadi dengan sistem Combor.


Jadi intinya, jika ternak anda di pelihara secara sistem kandang atau keraman, gunakan lah konsentrat untuk mempercepat pertumbuhan ternak anda. 

Ingat tidak harus konsentrat kualitas bagus, cukup dengan PK 8-9%. Agar cost nya masih bisa sesuai.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi peternak pemula. Untuk peternak yang sudah sukses boleh bagi bagi ilmunya juga di komentar tentang apa saja yang di gunakan untuk pakan tambahan ternak anda. Agar ilmu anda bisa jadi berkah untuk orang lain. 

Salam satu hobby.



0 Response to "Rumput murni atau Tambah konsentrat pada pemeliharaan Sapi dan Ruminansia Lainnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel