iklan

Prospek Bisnis Jagung Muda Untuk Pakan Ternak


Petani di seluruh indonesia sangat familiar dengan tanaman jagung, dan pelaku usaha di bidang jagung ini hampir di setiap wilayah di indonesia. Jagung akan tumbuh di semua iklim, baik iklim panas maupun dingin. Sehingga tanaman ini banyak di budidaya kan di seluruh indonesia. 
Kebutuhan Indonesia terhadap jagung sangat lah tinggi, bahkan di seluruh dunia membutuhkan jagung. selain dibuat menjadi bahan pangan untuk manusia, jagung juga digunakan untuk setiap pakan ternak di seluruh dunia. Akan tetapi jagung biasanya di budidaya untuk mendapatkan bijinya dan ada juga jenis jagung manis yang buahnya akan dijadikan jagung bakar atau jagung rebus.

Nah, sekarang di beberapa daerah di indonesia ada bisnis baru dibidang jagung ini, kami menyebutnya dengan Jagung muda. Jangung muda maksudnya bukan mengambil buahnya utnuk dikonsumsi, akan tetapi mengambil seluruh bagian jagung mulai dari ujung sampai batang jagung. Beberapa dari anda mungkin sudah tau tujuannya, akan tetapi pasti banyak juga yang bertanya kemana dijual yang seperti itu, dan apa manfaatnya. 

Saya akan jelaskan, jagung muda tadi digunakan untuk pakan ternak sapi perah. sehingga tadi saya sebutkan di beberapa wilayah di indonesai ada yang budidaya seperti ini. Daerah yang saya ketahui  memproduksi jagung ini ada di bandung dan sekitarnya, dan di jawa timur pasti juga ada, dan yang baru memulai bisnis ini ada di daerah Merek Situnggaling, Kab Karo, Sumut. karena di wilayah yang saya sebutkan tadi ada peternakan sapi perah, yang membutuhkan jagung tersebut untuk jadi pakan ternak. Bagi anda yang berdomisili di daerah tersebut sudah bisa mencari info tentang ini, jika anda berminat untuk menjalankannya.

Bagaimana sih penghasilan dari bisnis jagung ini? apa tidak sayang umur segitu sudah di panen??
Mari kita cari tahu perbedaan hasil yang bisa juga anda bandingkan sendiri.
jagung muda di panen umur 2,5 bulan - 3bulan, hal ini tergantung wilayah anda, jika di iklim yang dingin biasa butuh waktu panen 3 bulan. Harga yang ditawarkan oleh pembeli yang langsung berhubungan dengan perusahaan itu berbeda beda tergantung jarak tempuh dari perusahaan ke lokasi anda. sebagai contoh saja agar kita dapat menghitung hasil, di daerah Merek Situnggaling ini Harga bisa mencapai Rp.400/kg, si petani sudah terima bersih. Yang melakukan pemotongan jagung dan menaikkan ke angkutan sudah si pembeli. 

Sekarang mari kita buat hitungannya ,
Modal yang dibutuhkan mulai dari bibit sampai obat obatan membutuhkan biaya + Rp. 7.500.000/Ha
Sedangkan panen hasil panen yang bisa di dapatkan per Ha adalah 50-60 ton per sekali panen, jadi dapat dihitung hasil terendah di angka Rp.20.000.000. Sangat menggiurkan bukan?

Anda sebagai petani jagung dapat menghitung sendiri berapa hasil /Ha jika dijadikan jagung biji. serta kelebihan lain adalah umur yang sangat muda, sehingga dalam satu tahun bisa 3 kali panen minimal. Selain itu dari segi resiko juga sudah di untungkan seperti resiko di makan tikus dan kena penyakit.

Jadi bagi anda yang tinggal di daerah Peternakan sapi perah tersebut sudah bisa memikkirkan menjalankan prospek ini. Terkhusus Untuk wilayah Merek Situnggaling dan sekitarnya, anda tidak perlu kawatir tentang penjualan. Ada beberapa pembeli atau penghubung ke perusahaan tentunya yang memiliki DO. Selain itu kebutuhan perusahaan akan jagung ini sangat banyak yakni  300.000 kg  (300 ton) per hari untuk sekarang ini tentunya akan bertambah seiring bertambahnya jumlah ternak yang dimiliki perusahaan.

Kami menerima jagung muda di sekitaran Merek Situnggaling ini, dengan radius 30 km masih bisa di layani, hanya saja harga mungkin sudah tidak sama dengan di daerah Merek situnggaling. untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kami di WA 081370988427 atau melalui email sidauruk365@gmail.com, atau bisa juga dengan meninggalkan komentar di website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, 
Salam petani jagung indonesia.



0 Response to "Prospek Bisnis Jagung Muda Untuk Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel