iklan

Pembuatan Silase

Silase adalah bahan pakan yang diawetkan melalui fermentasi. Dengan dijadikan silase ketahanan bahan pakan seperti rumput bisa bertahan sampai 1 tahun.

Bagi anda yang memiliki lahan rumput yang luas boleh coba ini. Karena biasanya jika di musim oenghujan jumlah produksinya akan meningkat sementara sebaliknya jika musim kemarau hasil akan menurun.

Untuk mensiasati hal ini maka di lakukan lah pengawetan dengan cara membuat silase. Sebenarnya ada beberapa teknik mengawetkan rumput untuk pakan ternak ruminansia seperti Hay, atau proses amonisasi, tetapi akan di bahas di lain artikel.

Bahan yang di perlukan untuk membuat silase antara lain

  • Bahan pakan atau rumput
  • Silo
  • Molases
  • Dedak manis atau bekatul.
  • Cooper atau golok

Cara pembuatan, 
Cacah rumput dengan menggunakan Copper  atau golok dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, maksimal panjang rumput 5 cm. Hal ini bertujuan agar nanti pada saat penyimpanan oksigen tidak terlalu banyak tersisa, karena disusun dengan padat.

Campur bahan aditif seperti dedak atau molases, jika digunakan kedua bahan tersebut lebih bagus. Takaran untuk 100 kg rumput butuh molases 2 kg dan bekatul 4 kg. Bahan di campur hingga rata.

Masukkan kedalam silo. Pada saat memasukkan kedalam silo usahakan sepadat mungkin agar oksigen tidak ada tersisa. Gunakan kaki untuk menginjak agar kepadatannya terjamin. 

Setelah di dalam silo pastikan penutup nya rapat Agar bisa tercipta kondisi anaerob atau tanpa oksigen. Tunggu hingga 30 hari baru di buka.

Ciri ciri silase yang bagus adalah warna hijauan masih segar, meskipun memang berubah menjadi sedikit kekuningan akan tetapi bahan tersebut terlihat segar. Bahan pakan tidak berjamur, wangi, dan lembut.

Jika sudah tercipta silase dengan ciri ciri di atas sudah bisa di berikan kepada ternak anda. Jika sebelumnya belum pernah di berikan silase sebaiknya dilakukan penyesuaian kepada ternak anda dengan memberikan sedikit demi sedikit sampai nanti akhirnya bisa dengan jumlah yang banyak.

Selamat mencoba, manfaatkan apa yang ada di lingkungan anda untuk dijadikan silo. Boleh menggunakan plastik atau drum.


0 Response to "Pembuatan Silase "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel