iklan

Menghitung Persentase Karkas sapi Berdasarkan Jenisnya

Karkas adalah bagian daging dan tulang setelah kaki,kepala dan jeroan di pisahkan. Jadi kata lainnya adalah daging yang masih menempel pada tulang.



Cara menghitung karkas ini biasanya sapi tidak perlu di potong dahulu agar bisa diketahui. Akan tetapi dari berbagai loteralit sudah di dapatkan jumlah persentase karkas dari setiap jenis sapi berdasarkan bobot badan. Pada umumnya karkas dari setiap ekor sapi adalah 45-55% bobot badan. Sedangkan daging bersihnya 70-75% dari karkas.

Manajemen pemeliharaan sangat mempengaruhi jumlah karkas ini dengan perawatan yang kurang bagus bisa menurunkan persentase jumlah karkas hingga 5%.

Berikut ini  akan dijelaskan berapa persentase karkas setiap jenis sapi, akan tetapi terlebih dahulu di kelompok kan antara sapi perah dan sapi pedaging. 

A. Sapi pedaging
Sapi pedaging adalah sapi yang di pelihara untuk mendapatkan dagingnya. Jenis sapi pedaging biasanya memiliki bentuk badan yang bulat, sehingga jumlah daging lebih banyak.  Berikut jenis sapi pedaging dan perhitungan persentase karkas.
  • Sapi Limosin
Sapi jenis limosin yang berasal dari Prancis ini dapat mencapai 48% dari bobot badan
  • Sapi Simental
Sapi jenis  simental bisa dibilang Sama dengan sapi Limosin yang mencapai 48% dari bobot badan.
  • Sapi Ongole
Sedangkan sapi Ongole di bawah Limosin dan simental 1%, yakni 47% dari bobot badan.
  • Sapi Madura
Sapi jenis lokal ini dari Madura ini merupakan sapi dengan karkas terbaik se Jawa timur yakni 45% dari bobot badan.
  • Sapi Bali
Sedangkan sapi Bali adalah sapi lokal yang karkasnya bisa mencapai 51% dari bobot badan.
  • Sapi Pesisir
Sapi yang berasal dari Sumatera barat ini merupakan peringkat ke dua terbaik se-Indonesia untuk kualitas karkas, yakni bisa mencapai 49% dari bobot badan. 
  • Sapi Brahma
Termasuk kelas terbaik jenis sapi potong di Indonesia, walaupun bobot badannya tidak sebesar Limosin atau simental, tetapi Brahma menang jumlah karkas dari kedua sapi tersebut yakni 53% dari bobot badan.


B. Sapi Perah  yaitu Frisiean Holstein (FH) 

Sapi perah memang di khususkan untuk menghasilkan susu. Akan tetapi hasil karkas dari beberapa jenis sapi perah ini juga tidak kalah dari sapi pedaging. 

Ketika sudah selesai masa produksi susu atau ada masalah pada sapi perah biasanya akan di afkir dan di potong mengambil dagingnya. Jumlah karkas memang tidak sebanyak sapi pedaging selain karena jenisnya beda juga karena tambahan bobot dari ambing yang membuat sapi Perah kalah di bagian karkas.

Disini akan saya bandingkan juga jumlah karkas betina dan pejantan dari sapi perah. Sapi perah yang ada di indonesi hanya ada satu yaitu Frisiean Holstein Atau sering disebut dengan FH. 

Karkas sapi FH jantan mencapai 39-40%
Sedangkan untuk betina 37%.

Untuk info lebih lanjut khusus  tentang sapi FH ikuti YouTube kami Disini

0 Response to "Menghitung Persentase Karkas sapi Berdasarkan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel