iklan

Kunci Sukses beternak yang sering dilupakan oleh peternak

Pemeliharaan ternak membutuhkan tehnik dan SOP yang berbeda dari setiap jenis ternak. Akan tetapi ada satu hal yang dibutuhkan dari setiap jenis peternakan yang ada yaitu Biosecurity. Terutama peternak kecil atau tradisional hal ini sering di lupakan. Lalu apakah efek jika hal ini dilupakan??? Jawabannya tentu kesehatan ternak itu sendiri. Ternak akan gampang tertular penyakit jika Biosecurity tidak dijalankan.Nah mari kita bahas bagaimana Menjalankan Biosecurity yang benar.

Fungsi dari Biosecurity adalah membunuh kuman atau bakteri bahkan virus penyebab penyakit yang ada di lingkungan peternakan kita dan yang dibawa oleh vektor ke lingkungan peternakan kita.
Sehingga meminimalisir  penularan penyakit di lingkungan peternakan kita.

Langkah langkah pembuatan Biosecurity untuk kalangan peternak kecil atau tradisional bahkan skala besar saya rincian sebagai berikut.

1. Langkah awal yang harus di lakukan buatlah pagar atau pembatas ke lingkungan peternakan kita. Hal ini berfungsi untuk menjaga vektor (pembawa penyakit) masuk ke lokasi kandang seperti hewan liar, ataku bahkan kita manusia termasuk juga sebagai vektor. Maka pembuatan pagar ini juga akan membatasi kunjungan yang terlalu bebas ke lingkungan kita.

2. Buatlah tempat cuci kaki atau hand sprayer di pagar kandang tentunya sudah di berikan desinfektan ke tempat cuci kaki ataupun hand sprayer. Hal ini berfungsi agar pengunjung yang datang dapat celupkan kaki terlebih dahulu atau semprot kaki dan tangan menggunakan desinfektan. Sehingga jika pengunjung tadi bddaru berpapasan dengan ternak yang sakit contohnya kuman atau virus penyebab penyakit sudah terbunuh sebelum pengunjung tersebut memasuki lingkungan kandang.

3. Lakukan penyemprotan secara berkala menggunakan desinfektan. Hal ini bertujuan untuk membasmi kuman atau bakteri penyebab penyakit yang ada di lingkungan kandang. Untuk penggunaan desinfektan usahakan menggunakan lebih dari satu jenis dan digunakan bergantian. Hal ini menjaga tingkat resistensi bakteri.

4. Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan kandang. Jika lingkungan tidak bersih maka akan jadi sarang penyakit juga untuk ternak kita. Terutama penanganan limbah harus sesuai SOP agar bisa menekan bertumbuh nya bakteri penyebab penyakit.

Mungkin inilah hal hal yang perlu di perhatikan untuk menjaga kesehatan ternak kita. Seperti slogan mencegah lebih baik daripada mengobati itu lah fungsi Biosecurity.

Sebagai catatan, pertahanan hewan ternak terhadap penyakit memang berbeda-beda, sebagai contoh ternak besar seperti sapi, babi, dll ternak ini akan lebih tahan jika dibandingkan dengan ternak unggas. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga ternak tersebut tertular penyakit yang di bawa oleh vektor. Sehingga untuk mencapai hasil yang maksimal dan menjaga kesehatan ternak anda. Lakukan lah Biosecurity. Ini penting!!

Salam satu hobby






0 Response to "Kunci Sukses beternak yang sering dilupakan oleh peternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel