iklan

Bahaya Penggunaan Pupuk Kimia Segeralah Beralih Dengan Pupuk Organik


Indonesia adalah negara agraria, dimana kebanyakan dari masyarakat di Indonesia adalah petani. Akan tetapi untuk saat ini kebayakan petani sudah menggunakan pupuk kimia untu pertaniannya.

Hal ini terjadi karena untuk mendapatkan pupuk kimia memang lebih gampang diaplikasikan dan gampang di dapatkan. Jika dibandingkan dengan pupuk kompos misalnya, harga pupuk kompos sebenarnya murah tetapi karena butuh biaya transportasi sehingga sampai di lapangan harga nya menjadi mahal. Selain itu, meskipun harga bisa disesuaikan kadang ketersediaan tidak ada atau susah di dapatkan.

Padahal jika menggunakan pupuk kimia dalam pertanian memiliki dampak negatif kepada manusia yang mengkonsumsi juga untuk tanaman itu sendiri dan juga untuk lahan tempat menanam.

Untuk manusia mengkonsumsi makanan hasil olahan menggunakan bahan kimia akan berpengaruh kepada kesehatan manusia baik secara langsung ataupun jangka panjang.

Belum lagi jika terjadi hujan, kadang pupuk kimia bisa berpindah tempat karena terbawa air hujan. Ke sungai misalnya maka akan terjadi juga pencemaran air.

Nah untuk mencegah hal ini terjadi harusnya sudah bisa di pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Selain itu ada beberapa kerugian lain yang disebabkan oleh penggunaan pupuk kimia yang akan saya jabarkan sebagai berikut:

1. Mengganggu keseimbangan HARA dan merusak Tanah.

Keseimbangan hara di dalam tanah sangatlah oenting, karena jika hara di dalam tanah tidak seimbang maka yang terjadi tanaman tidak tumbuh subur dan berkembang. Hal ini dikarenakan tanaman kekurangan makanan.

Selain itu pupuk kimia yang digunakan sebenarnya tidak semua terserap oleh tanaman. Sebagian pasti ada sisa di dalam tanah. Nah kandungan kimia yang sisa tadi akan mengikat tanah, sehingga tanah menjadi keras atau tidak gembur lagi. Hal ini akan mempengaruhi proses pengolahan tanah yang akan memakan biaya tambahan untuk petani dan juga memaksa petani untuk menggunakan pupuk kimia lagi. Jadi jika tidak segera di rubah, maka hal ini akan terjadi berkepanjangan.

2. Membunuh Organisme dan Mikroorganisme didalam Tanah

Organisme dan Mikroorganisme yang ada di dalam tanah adalah pencipta unsur hara di dalam tanah. Tetapi tanah yang keras atau tidak gembur akan mengurangi jumlah organisme dan mikroorganisme di dalam tanah, karena organisme ini tidak tahan dengan tanah yang keras.

Selain itu cacing dan serangga di dalam tanah juga tidak bertahan hidup dengan unsur hara yang tidak bagus di dalam tanah.

3. Menghambat Pembusukan Bahan Organik

Dengan berkurangnya mikroorganisme atau organisme di dalam tanah, maka proses pembusukan bahan organik didalam tanah akan terhambat. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya bakteri pengurai yang hidup di dalam tanah, yang juga akan berpengaruh kepada kesuburan tanah jangka panjang

4. Menghambat Penyerapan Zat Hara

 Tidak hanya tanah yang yang rusak, bagian tanaman juga akan rusak secara perlahan seperti akar misalnya, jika menggunakan pupuk kimia berkepanjangan. Sehingga tanaman susah mendapatkan makanan dikarenakan akar yang rusak. Sudah pasti tanaman juga akan lambat berkembangnya.

5. Pasti mempengaruhi Hasil panen

Dengan penjabaran di atas sudah barang tentu hasil panen akan terganggu atau berkurang. Karena dengan tanaman yang pertumbuhannya terganggu akan mempengaruhi hasil panen pastinya.



Kesimpulannya, sebagai petani kita harus berpikir ulang untuk membatasi penggunaan pupuk kimia. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman agar bisa bertumbuh dengan baik kita bisa menggunakan pupuk organik misalnya yang terbuat dari baha alami seperti ECO Farming contohnya. Produk PT.Best ini memang memiliki kandungan yang lengkap untuk memperbaiki unsur hara di dalam tanah. Sehingga dalam waktu yang panjang akan mengembalikan kesuburan tanah.

Dengan menggunakan Eco Farming ini akan mengurangi setidaknya 25% penggunaan pupuk kimia. Jika digunakan terus menerus akan mengurangi hingga seluruh nya tidak menggunakan pupuk kimia lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat..
salam s

















pupuk kimia

0 Response to "Bahaya Penggunaan Pupuk Kimia Segeralah Beralih Dengan Pupuk Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel