iklan

Ciri ciri Pedet FH Jantan yang bagus untuk sapi pedaging

Ada beberapa hal penting dikala kita memilih pedet untuk di beli atau dipelihara. Terkadang hanya melihat postur yang besarnya saja. Padahal yang masih banyak hal yang harus di lihat selain itu. 

Resiko pemeliharaan pedet di bawah satu Minggu masih tinggi, bahkan bisa berujung kematian pedet jika perawatan tidak pas. Sementara posisi umur pedet yang ada di perusahaan beragam, mulai dari hitungan hari sampai umur 2 minggu. Sekarang posisi kita sebagai pembeli pastinya kita dapat memilih yang mana yang akan kita pelihara untuk mengurangi tingkat resiko tersebut.

Dibawah ini ciri ciri memilih pedet yang bagus untuk di pelihara sebagai pedaging.

1. Lihat gerak gerik pedet

Pertama Tama coba berdiri kan pedetnya, jika tidak mau berdiri jangan di pilih. Sementara kalau pun berdiri tetapi tidak aktif, bawaannya lemas juga jangan di pilih.

2. Perhatikan Pusar 

Pusar pasti kebanyakan belum kering, akan tetapi infeksi di pusar pedet umur semingguan itu sering terjadi. Perhatikan apakah ada infeksi seperti busuk atau luka di bagian pusar. Usahakan pilih yang pusarnya sudah mulai kering sudah pasti umur diatas seminggu.

3. Perhatikan sekitaran ekor

Pedet sering diare, oleh karena itu perhatikan bagian ekor. Jika dibagikan ekor banyak nempel kotoran berarti beberapa hari sebelumnya diare. Apalagi kotorannya yang menempel masih basah, kondisinya masih diare jangan di ambil apalagi aku di bawa perjalanan jauh. 

4. Lihat postur Kaki

Biasanya ada yang kaki X, atau kakinya kecil. Yang seperti ini jangan di pilih karena nantinya kaki gak sanggu mengangkat badannya yah besar sehingga terjadi kelumpuhan permanen. Postur kaki yang besar kualitasnya pasti bagus.

5. Perhatikan postur Badan

Sudah barang pasti jika bibit dengan rangka badan yang besar akan menjadi sapi yang besar juga nantinya. Akan tetapi hal hal di atas akan lebih penting untuk di perhatikan. Karena kualitas barang dari PT dengan kondisi sehat dan normal walaupun kelihatan kecil pasti masih bagus, apalagi dibandingkan dengan sapi lokal.

6. Perhatian bentuk Kepala

Kepala yang bulat dengan leher besar itu adalah ciri ciri sapi pedaging seperti jenis simental dan Limosin. Kepala cenderung kelihatan bulat, jarak kepala ke badan kelihatan lebih pendek karena lehernya pendek. Yang seperti ini pastinya akan bagus dijadikan sapi pedaging atau sapi potong.


Itulah beberapa ciri ciri pedet FH yang bagus di jadikan sebagai sapi potong. FH jantan jika kualitas bibit bagus dan perawatannya juga bagus bisa mencapai bobot minimal 800 kg selama 2 tahun. Ini sudah terbukti di teman teman peternak, yang ambil bibit dari PT.

Salam satu hobby

0 Response to "Ciri ciri Pedet FH Jantan yang bagus untuk sapi pedaging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel