iklan

Rekomendasi Kandang Ternak Anak Sapi Fh Jantan Agar Gemuk Sehat

Rekomendasi Kandang Ternak Anak Sapi Fh Jantan Agar Gemuk Sehat
Pada umumnya sapi yang akan di gunakan khusus untuk di gemukkan adalah sapi Jantan. Mengapa demikian? Karena sapi Jantan biasanya akan mengalami penggemukan yang lebih cepat dari pada sapi betina. Selain itu, sapi yang di gunakan adalah sapi yang tidak bertanduk.

Bahkan saat ini beberapa larangan untuk memotong sapi betina yang masih produktif untuk melahirkan anak sapi. Sapi FH jantan yang tidak sama sekali memenuhi syarat untuk bibit, benar-benar prospek untuk digemukkan serta dipakai untuk sapi potong. Sapi FH jantan yang akan dipakai untuk penggemukan ini perlu dibudidayakan seperti sapi potong, termasuk juga perkandangannya.

Syarat Kandang Ternak Anak Sapi Fh Jantan Agar Gemuk Sehat

Dalam membuat kandang perlu rencana yang cermat, supaya membuat usaha ternak sapi potong bisa memenudi standar kriteria syarat kandang, hingga hasilnya akan makin baik dan sapi makin sehat. So, untuk syarat kandang yang di rekomendasikan bisa lihat ulasannya di bawah ini!

1. Tempat kandang

Perawatan sapi bisa dilaksanakan di dataran rendah sampai tinggi (? 500 m dpl), suhu baik 25-33 ? C, kelembapan 75%, topografi landai serta tidak jauh dari tempat pertanian, kesuburan tanah cukup untuk penanaman pakan hijauan serta dekat sama sumber air bersih.

2. Letak serta arah kandang

Tempat kandang sebaiknya jauh dari rumah pemilik atau masyarakat seputar supaya mempermudah dalam penataan drainase, menghadap mengarah timur serta tidak terhalangi bangunan hingga matahari pagi bisa tembus pelataran kandang, serta arah angin penting diingat supaya sisi muka sapi tidak mendapatkan contact langsung dengan angin yang bertiup.

3. Ukuran kandang

Ukuran kandang untuk seekor sapi jantan dewasa ialah 1.5x 2 m, sedang untuk seekor anak sapi ialah 1.5 x 1 m, sedang tinggi kandang 2-2.5 m dari tanah. Type kandang yang paling pas dengan tingkat tehnologi simpel ialah kandang dengan dinding 1/2 terbuka (outdoor sistem), sebab perputaran udara bisa maksimal. Tetapi type ini memiliki kekurangan, yakni minimnya perlindungan pada ternak dari udara yang dingin, angin serta udara yang panas, predator penyakit atau binatang vector penyakit.

4. Bahan penyusun Kandang

Secara khusus dibikin dari bahan yang cukup ringan, mempunyai ketahanan yang kuat, dan yang paling penting bisa menjaga kehangatan di kandang. Untuk wilayah dingin seharusnya memakai atap seng, sedang untuk wilayah panas seharusnya memakai atap genteng. Kemiringan atap harus ditata supaya air hujan bisa melaju lancar. Tujuan utamanya yaitu supaya percikan air hujan tidak tampias serta masuk ke kandang karena itu kemiringan atap berbahan genteng diusahakan paling tidak 30-40 ?, berbahan rumbia 25-30?, serta dari asbes 15-20?.

Sedangkan untuk lantainya bisa di buat dari tanah liat, semen, aspal atau batu-batuan. Jika dibikin dari tanah lita perlu dikasih alas (bedding), contohnya dengan jerami kering, sekam serta serbuk gergaji. Bahan yang dipakai untuk bedding sebaiknya tidak tajam, mempunyai daya serap yang baik pada air.

Selain itu harus bisa menyimpan ammonia, tidak berdebu serta tidak memiliki kandungan beberapa zat makanan yang masih tetap berguna buat ternak. Dan yang tidak kalah penting harus murah dan mudah di dapat. Lantai sapi FH jantan ini di buat dengan kemiringan 5-10. Tujuannya yaitu supaya tidak ada kubangan serta gampang dibikin bersih dari kotoran sapi.

0 Response to "Rekomendasi Kandang Ternak Anak Sapi Fh Jantan Agar Gemuk Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel