iklan

Menjalankan Usaha Budidaya Ternak Sapi Simmental

Menjalankan Usaha Budidaya Ternak Sapi Simmental
Buat beberapa aktor usaha budidaya ternak sapi Simmental atau lebih umum kita sebut sebagai sapi Metal, sampai saat ini pemilihan bibit ialah babak penting yang tidak dapat diremehkan. Dimana sekarang trend beternak sapi Metal sedang mewabah di Indonesia. Beberapa peternakan sapi potong bukan hanya membesarkan sapi lokal saja, tetapi sapi import yang datang dari Swiss ini. 

Sapi Metal diambil peternak sebab mempunyai badan yang besar berdaging serta benar-benar gampang untuk dijaga. Nah dalam ulasan kali ini, saya akan memberikan info lengkap tentang  beternak sapi metal di Indonesia. 

Cara Ternak Sapi Metal 

Mode usaha budidaya yang sering ditempuh oleh beberapa peternak sapi dengan cara menghasilkan bibit serta membesarkan bibit jadi sapi dewasa. Cara pertama memang bisa di katakan sulit karena disini Anda perlu indukan yang unggul untuk menghasilkan bibit sapi Metal Super. 

Langkah ke-2 ialah pembesaran bibit. Cara ini termudah yang dapat diaplikasikan oleh semua peternak. Pekerjaan peternak hanya pelihara bibit sampai dewasa. Sesudah sapi berumur 6-12 bulan, peternak dapat menjualnya untuk sapi potong atau dipasarkan untuk indukan. tapi kadang kala untuk beberapa jenis sapi dengan prospek bagus tidak akan sampai selama itu, dan tentu hal itu akan bisa mengurangi biaya.

Penyeleksian Bibit Sapi Metal 

Buat peternak sapi Metal, proses pemilihan bibit ialah babak penting yang tidak dapat diremehkan. Salah pilih bibit yang akan dibesarkan akan membuat peternak alami kerugian. Sapi yang tumbuh dengan tidak prima pasti tidak laris untuk dipasarkan, kalaulah laris harga tidak optimal. Sapi Metal anakan yang sakit-sakitan semenjak kecil mempunyai peluang mati waktu dibesarkan. Kematian bibit ialah kerugian besar yang kemungkinan dirasakan oleh seorang peternak. 

Jika kita bicara mengenai pemilihan bibit, aktor usaha budidaya ternak sapi metal harus tahu fisik sapi keseluruhannya. Untuk bibit yang nanti dibesarkan untuk induk, penyeleksian harus lebih cermat lagi. Untuk jantan, fisik yang kuat ialah penting, lalu kemampuan serviks serta kualitas semen jadi hal yang pantas jadi perhatian lebih saksama. Penyeleksian bibit betina harus penuhi persyaratan fisik seperti kemiringan vulva yang tidak ke atas, mempunyai puting susu yang komplet, dll. 

Pakan Sapi Metal 

Pakan ialah elemen penting waktu pelihara sapi. Pakan yang tidak bergizi akan membuat sapi sulit gemuk serta tidak siap untuk dipasarkan. Peternakan sapi metal umumnya sediakan pakan berbentuk rumput hijau, konsentrat onggok, kacang-kacangan, ampas tahu, serta bekatul. Dari beberapa pakan yang sudah disebut sebelumnya, rumput hijau memperoleh bagian yang semakin besar diikuti konsentrat serta pakan yang lain. 

Keuntungan Usaha Budidaya Ternak Sapi Metal 

Peternak sapi metal akan memperoleh banyak keuntungan waktu membesarkan sapi import ini. Beberapa keuntungan yang pasti akan dirasa diantaranya secara singkat waktu pembesaran, umumnya di bawah 12 bulan bisa langsung di jual ke pengepul. Setelah itu perawatannya benar-benar gampang dan harga jualnya yang tinggi. Dan yang paling utama adalah, sapi jenis ini bisa menghasilkan daging yang banyak, sehingga pasti banyak permintaan.

Seperti yang saya sebutkan di atas, jika Anda ingin melakukan usaha budidaya ternak sapi, maka sapi jenis Simmental bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Ini adalah jenis sapi nomer 2 di indonesia yang banyak di ternak setelah sapi limusin.

0 Response to "Menjalankan Usaha Budidaya Ternak Sapi Simmental"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel