iklan

Membangun Kandang Ideal Agar Keuntungan Ternak Sapi Maksimal

Membangun Kandang Ideal Agar Keuntungan Ternak Sapi Maksimal
Kandang Ideal untuk sapi adalah salah satu yang sangat penting, sehingga nantinya akan bisa membuat pertumbuhan sapi maksimal. Tapi kadang kala karena beberapa hal, orang sering acuh mengenai kandang sapi mereka. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara rinci mengenai model kandang sapi potong yang baik buat peternak sapi potong. Tema mengenai perkandangan sapi potong tetap menarik untuk diulas, sebab benar-benar punya pengaruh pada kesuksesan usaha peternakan Anda. 

Seperti kita kenali, model kandang sapi potong ada dua tipe yakni kandang bebas serta konservatif. Kandang bebas ialah kandang tanpa ada penyekat, tempat ternak sapi didiamkan bebas. Sedang kandang konservatif dikasih penyekat, membuat ternak tidak bisa bergerak dengan bebas. 

Untuk kandang penggemukan sapi potong, umumnya memakai kandang sapi konservatif atau individu, yang dikasih penyekat, terlebih jika ternak sapi yang dijaga sedikit. 

Ternak sapi diikat serta kandang disekat hingga ternak tidak bisa bergerak bebas, tetapi keunggulannya tidak ada perkelahian, seperti kandang sapi barisan yang dilepaskan bebas. Untuk kandang pengggemukan, seharusnya kandang memiliki ukuran lebih luas serta besar, agar memuat sapi dalam jumlah yang banyak. Hingga sebuah tujuan beternak untuk mencari untung bisa sangat optimal.

Kandang Sapi Individu 

Untuk tipe konstruksi kandang sapi potong atau kandang individu, ada dua tipe kandang, yakni kandang tunggal serta ganda. Untuk kandang tunggal, peletakan ternak sapi dilaksanakan pada sebuah baris saja. Sedang kandang ganda mempunyai dua baris yang sama-sama bertemu atau bertentangan. Antara barisan itu, ada satu jalur untuk jalan. 

Untuk kandang sapi individu ini, buat tiap sapi jantan dewasa umumnya tempati kandang memiliki ukuran lebar 1.5m serta panjang 2.5m. Sedang sapi betina dewasa memiliki ukuran 2.5m x 2m, serta anak sapi, 1.5m x 1m. Ketinggian kandang sampai 2m - 2.5m dari tanah. Tetapi ukuran ini tidak begitu baku, tetapi sesuai dengan ukuran besar kecil dan fisiologis ternak sapi. 

Kapasitas Kandang Ideal 

Perawatan sapi dalam kandang bebas atau barisan, dengan melepas sapi dalam satu kandang dengan ukuran khusus. Ukuran jumlah ternak sapi Ideal pada sebuah kandang ialah 4m2 untuk seekor sapi. 

Untuk kandang seluas 100m2, atau memiliki ukuran 10 x 10m, jumlah sapi Ideal atau Kapasitas Ideal kandang itu terbanyak sampai 25 ekor (4m2 x 25 ekor = 100m2). Tetapi jika jumlah ternak sapi yang dijaga sedikit, Kapasitas bisa saja berubah, hingga kandang dapat memuat sampai 30 ekor. 

Sesaat untuk kandang type bebas, di bagian belakang kandang bebas ini dibikin selokan, supaya pembersihan gampang dilaksanakan serta kebersihan lantai semen atau beton berporinya terbangun.

Secara umum, saya dapat mengatakan bahwa kandang juga menjadi elemen terpenting dalam peternakan sapai. Karena jika sapi tidak nyaman dengan kandang yang mereka tempati, bisa jadi itu akan membuat pertumbuhan mereka malah terganggu.

Seperti halnya manusia, jika rumah mereka bersih, rapi dan nyaman sudah pasti mereka akan senang tinggal di rumah tersebut. Maka dari itu, kandang sapi juga harus menjadi pusat perhatian Anda ketika melakukan pembudidayaan sapi.

Di atas, adalah salah satu yang saya lakukan untuk membangun kandang yang ideal milik pribadi. Semuanya tergantung Anda, tapi pastikan itu nyaman dan sapi bisa tumbuh sehat kuat dan memiliki bobot besar nantinya.

0 Response to "Membangun Kandang Ideal Agar Keuntungan Ternak Sapi Maksimal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel