iklan

Keunggulan Kandang Panggung Individual untuk Pemeliharaan Pedet

Pemeliharaan pedet umur 1 Minggu biasanya di beberapa peternak bahkan di perusahaan
menggunakan kandang litter. Memang jika peternak membuat kandang litter bisa menggunakan bahan seadanya seperti bambu atau kayu bulat digunakan untuk pembatas. Sementara alas langsung ke tanah dan ditaburi dengan serbuk gergaji atau sering disebut dengan litter. Akan tetapi berbagai kelemahan muncul seperti kelembapan yang tinggi sehingga menyebabkan kembung atau pusar berulat. Belum lagi perawatan yang susah karena harus ganti litter minimal sekali 2 hari.

Pemeliharaan menggunakan kandang litter ini juga biasanya sistem  berkoloni. Kelemahan sistem koloni biasanya keseragaman pertumbuhan kurang maksimal. Selain itu proses recording juga akan lebih susah dan penularan penyakit lebih mudah. 

Untuk hasil yg lebih maksimal rekomendasi dari saya gunakan kandang individu. Selain dari penanganan yang relatif mudah recording juga lebih mudah. Serta penularan penyakit relatif lebih terjaga.

Kandang individual disini gunakan kandang panggung. Bahan boleh dari kayu atau bahan jadi dari toko bangunan. 

Kandang panggung memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem litter, seperti kelembapan yang relatif lebih rendah. Penanganan limbah lebih mudah. Khusus untuk daerah panas pedet akan lebih nyaman dikandang panggung karena merasa lebih sejuk dari  sirkulasi yang baik. 

Jadi sekarang tergantung anda, pilih kandang litter atau panggung untuk peliharaan pedet anda.
Salam satu hobby


0 Response to "Keunggulan Kandang Panggung Individual untuk Pemeliharaan Pedet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel