iklan

Cara Tradisional mengatasi kembung pada pedet

Pemeliharaan pedet seperti kita ketahui memerlukan tenaga dan pikiran yang ekstra. Hal ini disebabkan karena pedet masih butuh nutrisi yang cukup dan masih rentan terhadap penyakit.


Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah penyakit kembung (Bloat). Kembung merupakan kejadian gas berlebih di dalam rumen,sehingga pada perut terlihat bengkak atau mengembang. Hal ini terjadi karena proses fermentasi yg berjalan cepat di dalam rumen.

Ciri ciri sapi terserang kembung sebagai berikut :

  • Sapi atau pedet terlihat lemah dan lesu, kurang pergerakan, tidak aktif.
  • Bagian perut kelihatan seperti bengkak, jika di pukul suaranya seperti buah nangka yang sudah matang
  • Nafsu makan menurun, untuk pedet minum susu berkurang 
  • Pada pedet biasanya susah berdiri 
  • Sapi seperti kesulitan bernafas 

Penyebab penyakit kembung atau Bload ini biasanya karena lingkungan kandang yang lembab, bisa juga karena litter yang basah jika kandang yang di gunakan sistem litter. Bisa juga terjadi karena pemberian susu skim menggunakan air dingin. Jadi agar terhindar dari penyakitnya usahakan kandang selalu dalam keadaan kering dan pemberian susu menggunakan air hangat.

Akan tetapi jika ternak anda terjangkit penyakit ini tidak usah terlalu khawatir, jika penanganan tepat dan sedini mungkin bisa teratasi dengan baik  Obat tradisional yang sering saya gunakan adalah telur ayam dengan minyak goreng.

 Cara pembuatannya kocok telur terlebih dahulu di dalam gelas atau wadah lain, lalu campurkan minyak goreng kira kira 50 ml, aduk lagi hingga merata dan diminumkan ke pedet.

Cara lain yang juga tradisional dengan memberikan jamu sederhana, hanya dengan jahe dan gula merah. Cara
pembuatannya jahe di geprek atau di blender kira kira 1 ons dan rebus bersama dengan gula merah 3 ons hingga matang. Selanjutnya di saring terlebih dahulu agar ampasnya bersih, dan diminumkan.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.
Salam satu hobby






0 Response to "Cara Tradisional mengatasi kembung pada pedet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel