iklan

Cara Merawat Pedet Dengan menggunakan Susu Bubuk atau skim

Pemeliharaan sapi jika sudah dewasa memang sangat gampang, dengan memakan rumput saja sapi pasti bertumbuh walaupun akan lebih cepat pertumbuhan jika menggunakan konsentrat tambahan. Akan tetapi kadang ada masalah disaat anak sapi atau pedet lahir ternyata induknya bermasalah bisa jadi susu gak ada, atau induk mati. Nah untuk penanganan anak sapi yang induk tidak bisa menyusui atau induk mati begini cara perawatannya.


Pedet masih membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi dari semua aspek nutrisi, seperti protein, karbohidrat dll, biasanya ini dipenuhi dari susu alami yaitu susu dari induknya. Tetapi dengan keadaan terpaksa bisa digantikan dengan susu bubuk. Susu bubuk atau yang sering di sebut juga dengan susu skim sekarang banyak beredar di pasaran dengan harga yang berbeda juga. sebenarnya kandungan nutrisi nya hampir sama saja hanya beda produsen. saran produk dari saya adalah susu supersray dari schils.

Kebutuhan pedet untuk perhari adalah 4 liter, dengan kebutuhan susu 150 gr/ liter air. Sehingga kebutuhan Pedet perhari adalah 600 gr. Pedet membutuhkan susu sampai minimal umur 2 bulan sampai nanti bisa diajarin makan konsentrat dan rumput. Cara pemberian susu yang baik akan saya jabarkan seperti di bawah ini :
  • Pertama panaskan air hingga suhu 40-50 derejat celcius
  • Timbang susu 300gr
  • Siapkan 2 liter air hangat tadi di dalam ember atau wadah lain
  • Masukkan susu dan aduk hingga merata
  • Tunggu hingga lebih dingin atau hangat kuku
  • Berikan dengan menggunakan Dodot khusus sapi
  • Jika tidak ada Dodot bisa menggunakan baskom atau wadah lain yang cocok untuk minum pedet
  • Tunggu hingga habis
  • Jika sudah habis selalu sediakan air putih yang akan diminumnya kapan saja dia mau 
Sedikit saya jelaskan kenapa harus menggunakan air hangat untuk digunakan saat pemberian susu pedet, karena jika menggunakan air dingin kadang si pedet gak tahan sehingga terjadi kembung. jika sudah kembung jika penanganan tidak benar bisa menyebabkan kematian.
selamat mencoba 

0 Response to "Cara Merawat Pedet Dengan menggunakan Susu Bubuk atau skim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel